Bandung, 11 Desember 2024 – Politeknik Bisnis Digital Indonesia menghadiri Pelatihan – KOPDAR BANDUNG: Sukses Automasi Akreditasi PT dan Program Studi yang diwakili oleh Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Bapak M. Akbar Eka Pradana, S.H., S.T., M.H. Pelatihan ini diselenggarakan oleh PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) di Bandung pada 11 Desember 2024 dan dihadiri oleh sekitar 500 pimpinan perguruan tinggi se-Jawa Barat. Tujuan kegiatan ini adalah mendorong perguruan tinggi dalam menghadapi persiapan penilaian akreditasi berbasis sistem automasi yang akan dimulai pada tahun 2025.
Pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber ahli di bidangnya yaitu Ibu Imas Maesaroh, Ph.D., pakar manajemen pendidikan tinggi, Bapak Ilham Dary Athallah, M.Hub.Int., praktisi hubungan internasional dan pengembangan pendidikan tinggi, dan Bapak Dicky Pradana AP, S.Kom., spesialis teknologi informasi untuk pendidikan.
Pada sesi diskusi, para peserta mendapatkan wawasan mendalam tentang strategi persiapan akreditasi tahun 2025. Salah satu poin utama yang disampaikan adalah penggunaan sistem automasi dalam proses akreditasi, di mana evaluasi dan penentuan peringkat akreditasi akan sepenuhnya didasarkan pada data yang dilaporkan melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).
Pelatihan ini menekankan pentingnya perguruan tinggi untuk segera mempersiapkan infrastruktur teknologi informasi yang memadai guna memastikan pelaporan PDDIKTI dapat dilakukan secara akurat dan real time. Dengan demikian, institusi pendidikan tinggi dapat memastikan performa terbaiknya tercermin dalam peringkat akreditasi.
Sebagai langkah konkret, Politeknik Bisnis Digital Indonesia telah mengembangkan sejumlah sistem informasi, seperti Learning Management System (LMS), Sistem Informasi Kepegawaian, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru, hingga Survei Kepuasan Proses Pembelajaran. Selain itu, LPM berkolaborasi dengan Bagian Teknologi Informasi (BTI) sedang merancang pengembangan sistem informasi untuk Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI) yang akan mempermudah pelaksanaan dan monitoring proses mutu. Kedepannya, seluruh sistem informasi ini akan terus dikembangkan oleh BTI agar saling terintegrasi, mendukung kebutuhan pelaporan PDDIKTI, serta mendorong tata kelola yang lebih efektif dan efisien.
Copyright © LPM POLBIS Desember 2024